Sabtu, 01 Agustus 2009

jika aku ini serangga

jika aku ini serangga, maka aku bukanlah lebah
yang semenjak kecil selalu dimanja oleh inangnya,
selalu rebah dalam madu yang mewah.

jika aku ini serangga, maka aku bukanlah lalat
yang dengan semaunya hinggap di mana saja,
tempat sampah, gundukan kotoran, dan makanan.

jika aku ini serangga, maka aku bukanlah kecoa
yang suka menggerogoti tumpukan buku dan koran bekas di gudang
atau berkubang dalam lubang kloset di toilet.

jika aku ini serangga, maka aku bukanlah semut merah
yang gemar memakan bangkai apa saja di dalam tanah
membuat pedih kulit ketika ia menggigit, meninggalkan bekas merah di kulit.

jika aku ini serangga, maka aku bukanlah nyamuk
yang gemar menghisap darah manusia atau ternak
dan juga penyebab malaria atau demam dengue.

jika aku ini serangga, maka aku ini adalah kupu-kupu
semenjak kecil, ia harus melata sendiri
bertahan hidup dalam kesendirian
mengunyah hanya dedaunan
ia pun berselimut dalam kepompong sendiri
hingga kelak ia menjelma kupu-kupu
yang siap terbang tinggi sendiri
meski kedua sayapnya amat rapuh.


- 1 Agustus 2009 -

Tidak ada komentar: